Anda tentu pernah bertemu dengan para penyandang disabilitas yang ada di tempat umum. Sayangnya, banyak dari mereka yang tidak menyadari bahwa keberadaan dari penyandang disabilitas juga harus diperhatikan dengan benar penyandang disabilitas. Ada banyak penyandang disabilitas yang merasa bahwa keberadaan mereka tidak diperhatikan dan bahkan tidak disadari oleh banyak orang. Untuk mengubah pandangan ini, kita harus bersikap peduli terhadap mereka.

Sayangnya, belum banyak orang yang sadar bahwa kepedulian mereka adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh para penyandang disabilitas tersebut. Di bawah ini adalah beebrapa sikap yang harus anda hindari saat bertemu dengan para penyandang disabilitas.

1. Menanyakan jenis kekurangan mereka
Bertanya mengenai kekurangan yang dialami para penyandang disabilitas akan membuat mereka merasa sensitive dan bahkan direndahkan. Hal ini sama saja dengan kita tidak berhak menanykaan detail rekam medis seseorang. Meskipun mereka mengetahui jenis keterbatasannya, mereka juga tdiak akan memberi tahu kepada banyak orang. Oleh sebab itu, akan lebi baik saat anda tidak pernah menanyakan jenis kekurangan mereka secara langsung.

2. Memberi saran secara sembarangan
Ketika bertemtu dengan para penyandang disabilitas, jangan pernah memberi saran terkait bagiaman mereka bisa pulih dari keterbatasan yang dialami. Mengapa? Karena hal ini sama saja dengan anda melakukan perundungan dan merendahkan mereka. Secara tidak langsung, mereka akan merasa bahwa anda tidak menerima mereka secara utuh.

3. Langsung membantu tanpa bertanya
Ingin membantu para penyandang disabilitas memang menjadi hal yang baik. Namun, tanyakan terlebih dahulu kepada mereka bantuan apa yang dibutuhkan sebelum menawarkan bantuan. Terkadang, bantuan yang anda tawarkan justru menimbulkan rasa malu dan tertekan bagi mereka sendiri. Sebab, bisa saja bantuan yang anda tawarkan justru tidak dibutuhkan oleh mereka, dengan kata lain mereka bisa melakukannya sendiri.

Untuk itu, bersikap bijak adalah salah satu hal yang harus anda lakukan jika bertemu atau memang harus berkomunikasi dengan para penyandang disabilitas. Hargai perasaan mereka dengan tidak menyebut hal yang bisa merendahkan mereka.

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *